KETIKA Anda menulis skripsi, ada bagian yang berisi tujuan dan manfaat penelitian. Apa sih tujuan dan manfaat penelitian itu?

Tujuan penelitian adalah kalimat yang menyatakan sesuatu yang ingin didapatkan setelah penelitian dilakukan. Keinginan peneliti melakukan penelitian adalah menjawab masalah penelitian yang dilakukan tim yang telah diajukan.

Tujuan penelitian pada umumnya dibagi menjadi dua, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.

Tujuan umum ditujukan untuk menjawab masalah penelitian yang telah dirumuskan sementara. Sedangkan tujuan khusus digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan berdasarkan masalah. Tujuan penelitian umum adalah untuk menjawab masalah penelitian, sedangkan tujuan khusus untuk menjawab pertanyaan penelitian.

Sementara, pertanyaan penelitian berkaitan dengan tujuan khusus. Pertanyaan penelitian yang akan diselesaikan dengan tujuan khusus atau dengan kata lain tujuan umum adalah untuk menjawab masalah rumusan masalah penelitian. Sedangkan tujuan khusus untuk menjawab pertanyaan penelitian.

Jadi, harus relevan antara tujuan umum dengan rumusan masalah penelitian dan  tujuan khusus dengan pertanyaan penelitian.

Tujuan peneliti bukan untuk menyelesaikan masalah penelitian tetapi untuk melakukan penelitian. Misalnya penelitian ini untuk menginvestigasi pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan lain.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian adalah manfaat yang didapat atau manfaat yang dapat diperoleh setelah penelitian selesai.

Pada umumnya manfaat penelitian dibagi menjadi dua, yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis.

Manfaat praktis menjelaskan kontribusi hasil penelitian bagi subjek atau organisasi yang dikritik. Manfaat teoritis menjelaskan kontribusi hasil penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu kalau manfaat teoritis harus diketahui posisi penelitian tersebut dibandingkan dengan penelitian-penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya sehingga jelas kontribusinya bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Namun ada beberapa hal yang perlu dihindari pada penulisan manfaat penelitian. Pertama, manfaat penelitian terlalu umum atau normatif sehingga tidak ada kaitannya dengan masalah penelitian. Contohnya manfaat praktis penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam rangka mengembangkan usahanya. Yang namanya manfaat praktis untuk memecahkan masalah tetapi tidak spesifik. Yang ini terlalu umum tidak spesifik dengan masalah penelitian yang dirumuskan.

Kedua, manfaat teoritis penelitian ini digunakan sebagai salah satu literatur untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Manfaat teoritis adalah pengembangannya di mana, apa kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan. Contoh di atas terlalu umum, terlalu normatif.

Ketiga, yang perlu Anda hindari adalah manfaat penelitian ditujukan bagi pihak-pihak yang tidak ada relevansinya dengan masalah penelitian yang dipecahkan. Contohnya bagi penulis sebagai wahana untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat selama mengikuti perkuliahan, bagi perpustakaan menambah referensi bagi peneliti berikutnya. Sebagai salah satu bahan acuan pihak-pihak lain.  Ini semua tidak ada kaitannya dengan masalah penelitian.

Keempat, manfaat praktis, apa kontribusinya untuk pemecahan masalah bagi subjek yang diteliti organisasi atau individu. Kemudian manfaat teoritis, yaitu apa kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, tidak perlu menyebutkan pihak-pihak yang tidak ada kaitannya dengan masalah penelitian.

Nah, itulah tujuan dan manfaat penelitian yang harusnya Anda terapkan pada skripsi Anda sehingga mudah dimengerti pembaca dan sesuai dengan standar penulisan skripsi.(berbagai sumber)