Tanggal 14-15 September 2019 lalu saya berbagi pengalaman pada acara Pelatihan Menulis Buku Teks dan Buku Populer yang digelar PR Institute. Pesertanya cukup beragam, ada yang profesinya guru SD, karyawan di perusahaan peternakan, seorang pensiun dan seorang ASN. Dilihat pengalamannya cukup beragam, ada yang sudah punya pengalaman dan ada juga yang belum punya pengalaman.

Selama dua hari saya menyampaikan pengalaman saya menulis selama 30 tahun. Konsep yang saya sajikan adalah Teknik Menulis Metode 7 Jam. Ya, 7 jam karena saya menyampaikan konsep ini berdasarkan pengalaman dilengkapi berbagai referensi yang mendukung proses kreatif menulis. Diantaranya saya banyak menggunakan konsep yang disampaikan Mas Hernowo (alm).

Dari proses sharing pengalaman tersebut, saya memberikan benang merah untuk menjadi penulis pemula, yakni belajar, latihan, dan pembiasaaan. Proses belajar setiap orang mudah mengikutinya, baik lewat pendidikan formal maupun nonformal. Melalui belajar, seseorang mempunyai kemampuan kognitif dalam bentuk keterampilan menulis (writing skill). Setelah belajar perlu ada latihan sehinggi para peserta langsung latihan. Metode 7 jam dibantu dengan software mind mapping yang sudah saya siapkan dan mereka instal. Latihan dilakukan hari kedua sehingga mereka menyiapkan bahan yang akan ditulis.

Melalui penggunaan software mind mapping penulis merasa lebih mudah saat latihan menulis. Semua peserta mengalami sensasi latihan menulis. Mereka bilang dengan bantuan mind mapping menulis jadi lebih gampang. Tidak mengalami writer’s block (hambatan menulis) dan gampang menyalurkan ide tulisan. Syukur para peserta mampu menulis beberapa alinea berkat bantuan minc mapping.

Setelah pelatihan berakhir hal yang menjadi PR peserta adalah pembiasaan menulis. Inilah tahap gampang-gampag susah. Gampangnya kalau kita sering menulis akan lancar. Susahnya membiasakan menulis sering menjadi beban tapi inilah yang harus ditempuh peserta yang ingin menjadi penulis.

Jadi, simpulannya jika Anda ingin menjadi penulis pemula maka harus melakukan pembiasaan menulis

Di bawah ini ada beberapa tips menjadi penulis pemula.

  1. Merumuskan ide yang akan Anda tulis.
    Seseorang biasanya punya ide cukup banyak. Hanya masalahnya ide yang berseliweran harus dikerucutkan dan diniatkan untuk ditulis. Kekuatan niat juga cukup besar yang akan menuntut Anda menjadi penulis.
  2. Merencanakan jenis tulisan.
    Di sini Anda harus membuat rencana penulis fiksi, nonfksi atau faksi. Mengapa hal ini penting? Karena setiap jenis tulisan berbeda dalam penanganannya. Perencanaan menuli artikel berbeda dengan menulis cerpen, dan lainnya.
  3. Mengumpulkan bahan tulisan. Setiap jenis tulisan bahannya berbeda-beda. Untuk itu Anda harus bahan tulisan agar saat menulis lebih lancar dan mudah.
  4. Mulailah menulis secara santai jangan tegang. Menulis santai memungkinkan Anda lebih enjoy dalam menulis. Hanya jangan lupa menulislah terus jangan sampai sambil mengedit tulisan. Inilah yang sering menjadi virus menulis, yaitu menulis sambil mengedit. Intinya, jika Anda mau menulis ya tulis aja terus sampai beres. Setelah tulisan beres barulah melakukan editing. Dengan cara ini Anda sudah membagi antara kerja menulis dan kerja editing.

Demikian tips menjadi penulis pemula. Semoga Anda terinspirasi menjadi penulis pemula produktif. (ask)