Sabtu-Minggu, 7-8 September 2019 bekerjasama dengan PR Institute saya mengadakan kegiatan Pelatihan Menulis Buku Teks dan Populer. Kegiatan diikuti oleh 5 orang dari berbagai latar. Ada yang ASN Pemkota Bandung, ada yang guru SD, pensiunan, dan karyawan sebuah perusahaan peternakan. Semua semangat mengikuti pelatihan selama dua hari.

Saya sebagai fasilitator menyampaikan formulasi menulis yang saya beri nama Metode Kultivasi 7 Jam. Metode ini alhamdulillah cukup efektif untuk mengantarkan para calon penulis memasuki dunia kepenulisan.

Selain pelatihan, kegiatan ini juga ada proses pendampingan, yakni para peserta mendapat tugas menulis buku. Selanjutnya ada proses pendampingan bersama saya sampai buku layak terbit. Nantinya, naskah buku bisa diterbitkan sendiri atau diterbitkan di Mediamore Karya Optima.

Kegiatan pelatihan selanjutnya dilansanakan bulan Oktober. Jadwalnya menunggu dari manajemen PR Institute.

Sebanyak lima orang mengikuti kegiatan Pelatihan Menulis Buku Teks dan Populer yang diselenggarakan bersama Pikiran Rakyat Institute, Sabtu-Minggu (7-8 September 2019) di kantor Pikiran Rakyat Jalan Asia Afrika 35 Bandung.